My digital portofolio day two




Materi: I

Pemateri: Bagas Satrio Wicaksono

Tema: Tantangan Dan peluang mahasiswa dalam revolusi industri 4.0 dan society 5.0


Untuk temen-temen bisa melihat identifikasi problem dan identifikasi pribadi diri sendiri. Meskipun 70% mahasiswa di unusa berada di bidang kesehatan, tetapi itu tetap bisa mengikuti kegiatan.jadi dari awal kita harus menstrating diri kita agar bisa ikut apa yang mau kita jangan takut. Kita harus PD, contoh kita harus ikut lomba di nasional meskipun kita nanti gagal tapi setidaknya kita tau bahwa anak-anak dari universitas lain itu seperti apa, cara berkomunikasi nya seperti jadi kita tau kita pasti akan PD, tetapi ketika kita ikut di tinggal daerah kalau kita gagal pasti kita gamau bhat ikut ke tingkat nasional karena pasti kita sudah mikir di daerah aja kalah apalagi di nasional. Dari mengikuti lomba kita bisa meningkatkan nilai kita di kuliah, dengan kita selalu belajar mengikuti prosesnya pasti di perkuliahan tidak akan kaget. Tidak ada ruginya kita belajar dan kuliah karena peluang tidak akan datang dua kali jadi kita harus menyiapkan nya. Artinya mau ditempat manapun semua orang mempunyai kesempatan yang sama.

Bagaimana cara kita jadi pemimpin yang baik?

Untuk menjadi pemimpin, itu jam terbang tidak ada pemimpin yang sempurna pemimpin itu pasti ada misingnya. Caranya simple dengan kita memfollow up, ngasih link di grup kelas itu sudah dasar menjadi pemimpin. Kita harus mempunyai jiwa leadership dengan memulai hal kecil, itu suatu proses menjadi pemimpin. Kebanyakan orang-orang tidak mau mengikuti organisasi karena jam meeting nya lama, juga ada istilah senioritas lah, takut lah, jangan seperti itu.



Materi : v

Pemateri: Prof. Dr. Haryono Umar, SE., Ak., M.Sc., CA

Tema: Generasi muda berintegritas anti korupsi.

Kesalahan ada 2 yaitu

1. Kesalahan tidak ada intensianya / non intensional. Yaitu kesalahan yang terjadi begitu saja bisa disebut kelalaian

2. Kesalahan intensional, yaitu kesalahan yang sudah dimatikan kesulahan yang ingin melawan hukum.

Kriminal ada 2 yaitu

1. Kriminal umum, mengakibatkan orang meninggal.

2. Kriminal khusus, seperti merokok.

Segala kesalahan disebut kriminal jika ada di dalam KUHP. Tetapi karena perkembangan zaman banyak kejahatan yang juga berkembang, contohnya korupsi.

Korupsi, sesuai UU 31 tahun 1999 ada 2

- luas, semua dianggap korupsi, contoh dosen terlambat 

- sempit, berdasarkan UU.

Unsur korupsi 

1. Merugikan keuangan negara

2. Melawan hukum

3. Menguntungkan diri sendiri, orang lain, atau korupsi.



Materi: VI

Pemateri : KH. Ma'ruf Khozin

Tema: Generasi Sukses Berlandaskan Aswaja An - Nahdhliyah

Ada aliran Syiah ada aliran khawarij itu politik siapa yang berhak mengganti setelah Rasulullah maka itu, adalah sejarah kelam kemudian tidak hanya politik tetapi mengarang kepada setelah pergumulan akidah akhirnya di sekitar tahun 200 Hijriyah ada dua Imam kita yang kalau anda ditanya siapa itu NU itu bukan aliran di dalam Islam NU itu bukan kelompok dalam Islam tetapi NU itu adalah wadah perjuangan Islam untuk meneruskan akidah ahli sunnah yang dikenal dengan Indonesia ahli Sunnah itu diwadahi kalau di Mesir wadahnya namanya Al Azhar makanya tahun-tahun ini Ulama NU dan ulama Azhar lagi dekat-dekatnya kenapa disatukan dalam kesamaan akidah khususnya 4 mazhab secara fiqih dan lain sebagainya ahli Sunnah itu melalui person person ulama ada syekh Ramadhan di negara ini dan di negara Mesir ahli Sunnah itu diwadahi melalui organisasi sekali lagi kalau di Indonesia namanya Nahdlatul Ulama kalau di Mesir namanya al-azhar.Apa isi kitab di dalam ahli Sunnah ahli Sunnah itu tandanya satu apa bermazhab kalau ada orang mengaku Islam dia dalam memahami Islam pakai sistem bermazhab berarti sama dengan Hindu di Indonesia tidak hanya NU yang bermazhab ada Nahdlatul Wathan di Nusa tenggara Barat ada di Sumatera ada Al Khairiyah di Sulawesi Tengah di palu sama dengan kita cuma namanya nama wadahnya berbeda-beda tetapi aqidahnya ini.

Berikutnya adalah terkait dengan fiqih kita juga bermazhab mazhabnya adalah Mazhab Syafi'i kebanyakan tandanya apa tandanya kalau subuh pakai qunut tadi jenengan-jenengan subuhnya pakai kunut alhamdulillah ada di sebuah daerah bukan di Surabaya ya di satu kampus itu ternyata ndak ada bedanya NU dengan tidak kenapa karena dipakai karena sesungguhnya sama-sama jam 07.00 ya kalau sudah jam 07.00 yang pakai qunut pun dia tidak angkat kenapa takut ketahuan kalau tubuhnya kesehatan.


Link blog teman : https://novandrawichdafarun.blogspot.com/2024/08/day-2.html?m=1


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Essay tentang Masa depan & Masa Lalu

Resume, 24 Dosen dan Tendik Unusa Lulus Sertifikasi Internasional Microsoft Certified Educator

Resume Materi day four